Sabtu, 22 Juni 2013

Anggota Legislatif Duel Di Paripurna

Seperti sekarang yang mungkin Anda harapkan bahwa saat ini lembaga legislatif diharapkan berbenah diri memperbaiki kualitas, kinerja dan citra. Ulah-ulah segelintir anggota legislatif, seperti, korupsi, skandal seks, jalan-jalan keluar negeri dengan alasan studi banding, dll, merupakan deret panjang yang mencoreng citranya di hadapan publik.

Belum lagi kasus-kasus keributan atau berantem saat sidang berlangsung. Seperti yang terjadi tahun 2010 silam. Ini tentu perlu menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki lembaga legislatif.

Kelakuan tidak pantas, sebagai seorang wakil rakyat kembali terjadi. Kali ini di Pekanbaru, Riau. Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pekanbaru yang membahas Perda Multiyears, diwarnai oleh insiden memalukan. Keributan antar anggota dewan.

Perkelahian terjadi antara dua anggota DPRD, dari Fraksi Demokrat dan Fraksi Golkar itu, saat rapat paripurna digelar, Jumat (04/06). Keduanya bahkan nyaris baku hantam. Padahal, paripurna tersebut juga dihadiri Walikota Pekanbaru Herman Abdul dan wakilnya, Erizal Muluk. Juga hadir Kapoltabes Pekanbaru dan undangan lainnya.

Kericuhan itu bermula, ketika anggota Komisi I Yose Saputra memasuki ruang rapat. Politisi dari Partai Golkar ini terlambat, dan rapat sudah berlangsung. Sesampai di ruang rapat, Yose tidak langsung mengambil tempat duduk. Dia mengambil sebotol air mineral dan langsung berjalan menghampiri kursi Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru, Kamaruzaman, yang duduk di kursi deretan nomor dua dari depan.

Sesampai di hadapan politisi asal Partai Demokrat tersebut, Yose membuka tutup botol dan langsung menyiram kepala Kamaruzaman dengan air mineral. “Jaga mulut kau, ya,” teriaknya emosi.

Tindakan Yose ini, kontan mengagetkan Kamaruzaman serta hadirin sidang lainnya. Tak berhenti sampai disitu, Yose yang tampak sangat marah berusaha mengangkat kursi untuk dilemparkan ke Kamaruzaman, ketika Ketua Komisi I DPRD itu hendak bangkit dari duduknya.

Namun, tindakan emosional itu dicegah secara spontan oleh anggota dewan lainnya. Ramai-ramai mereka berusaha melerai perseteruan tersebut. Syukur, kursi DPRD itu tidak jadi melayang.

Insiden ini, membuat rapat paripurna yang baru saja dimulai, langsung terhenti. Yose yang kemudian mulai bisa menguasai emosinya akhirnya meninggalkan gedung DPRD menggunakan mobilnya. Sementara, Kamaruzaman yang sempat terpancing emosinya diamankan di salah satu ruangan.

Keributan dua anggota dewan tersebut, membuat paripurna DPRD Pekanbaru diskor. Tapi, sepuluh menit kemudian, paripurna dilanjutkan kembali.

Kepada wartawan, Kamaruzaman mengaku tidak mengeri alasan Yose berkelakuan seperti itu kepadanya. "Saya tak pernah punya masalah sama dia. Baik pribadi maupun internal komisi. Selaku ketua komisi, saya menjalankan tugas dan fungsi sesuai prosedur. Saya tak tahu kenapa dia menyebut saya tukang fitnah," ujar dia dengan nada heran.

Kamaruzaman pun tidak tinggal diam diperlakukan seperti itu. Dia kemudian melaporkan Yose kepada Poltabes Pekanbaru. Secara internal dewan, Ketua DPRD Pekanbaru, Desmianto, menyebutkan bahwa permasalahan tersebut akan diusut lebih lanjut oleh Badan Kehormatan.

(Sumber :www.politikindonesia.com,4 Juni 2010, Judul :Anggota DPRD Riau, Berantem di Paripurna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

Bagaimana supaya Anda menang di PILEG bergantung dari anda membangun AUDIEN ANDA SENDIRI dan membangun DAYA AJAK yang kuat. Bagaimana Caranya?


Silahkan baca artikel-artikel pemenangan PILEG berikut ini :

  1. Persiapan Menyeluruh Untuk Pemenangan Anda di PILEG
  2. Inilah Penyebab Proses Pemenangan Dilakukan Serampangan
  3. Mau Nyaleg? Sempatkan Untuk Mempelajari Situasi dan Iklim Di Internal
  4. 12 Wilayah Rahasia Ini Jarang Semua Di Garap Caleg Dalam Marketing Politik
  5. Buku ini awalnya hanya untuk catatan pribadi saat jadi ketua tim sukses pileg 2009
  6. Mau Nyaleg? Sempatkan Untuk Mempelajari Situasi dan Iklim Di Internal
  7. Fenomena Partai Yang Seharusnya Jadi Cambuk Bikin Terus Perbaikan Internal Tanpa Kecuali
  8. Cari Pengurus Partai Ternyata Sulit. Bisa-bisa Kelimpungan
  9. Buku : Kunang-kunang Pemenangan Pemilu
  10. Inilah Penyebab Proses Pemenangan Dilakukan Serampangan
  11. Mendalami Pemilih Pragmatis
  12. Bagi Caleg Kendala Vital Untuk Menang Pileg Sebenarnya Hanya Satu
  13. Jangan Salah Pendekatan, Efeknya Fatal Untuk Kemenangan Sang Caleg
  14. 10 Bahaya Pragmatis Yang Mungkin Jarang Dipikirkan Serius Efeknya Sangat Berbahaya
  15. Semua Inti Tulisan Pemenangan Pileg Tentang Hal Ini, Apa Saja?
  16. Bila Nyaleg Jangan Kalah Sama Tukang Sayur Keliling
  17. Bukan Yang Terbaik Tapi.....
  18. Asyikkkk!!!!Tulisan Saya Di Muat dan Di Sebar
  19. Cara Menang Mutlak di Pileg
  20. Persiapan Menang Nyaleg Di Pileg 2019
  21. Berbekal Sejak Dini, Dengan Strategi Pemenangan Yang Ampuh
  22. Mendalami 2 Jenis Pemilih Pragmatis, Anda Jangan Terperangkap
  23. 6 Penyebab Yang Menjadikan Terpaksa Harus Pragmatis
  24. 5 Hal Ini Sepertinya Harus Ada Pada Caleg Supaya Tak Beresiko Besar
  25. Caleg Harus Siaga Diri Mengamankan Diri, Aman dari Sisi Ini

============================

Lanjutkan ke SESI 2 : Klik disini!

-------------------------------------------------