Sebagaimana yang sudah anda baca dalam buku "Kado Rahasia Buat Caleg-Ramuan Sukses Tanpa Money Politik Merebut Kursi Legislatif", terdapat 6 kategori calon pemilih. Bila belum silahkan untuk membacanya.
Masing-masing dari semua kategori calon pemilih anda perlu sentuhan tersendiri yang masing-masing berbeda.
Yang membahagiakan adalah ketika anda mengetahui 3 titik sentuh yang sangat penting dalam melakukan persuasi kepada mereka maka polanya menjadi lain, membuat anda memiliki daya sentuh yang lebih kuat.
- Anda bisa melakukan persuasi dengan menyentuh pikirannya, menyentuh sisi logika mereka.
- Anda bisa melakukan persuasi dengan menyentuh hatinya, menyentuh sisi emosi mereka.
- Anda bisa melakukan persuasi dengan menyentuh fisiknya. Wah enak dong menyentuh fisik, apalagi lawan jenis.....Sttttttt.....Jangan salah memahami ini yaa....Maksudnya sentuh kebutuhan sandang, pangan, papannya. Sentuhlah dari sisi materi.
Tahukah mana dulu yang harus disentuh? Dari ketiga itu harus ada langkah awal sebagai pintu yaitu dengan menyentuh sisi emosinya. Setelah itu berlanjut dengan 2 sisi lainnya.
Dengan sentuhan 3 sisi ini maka pendekatan anda akan sangat kuat, memiliki daya pikat yang hebat.
Apakah menyentuh sisi fisik berarti harus membagikan amplop saat malam H, jelang pencoblosan? Ini salah besar. Saya termasuk orang yang antipati bila ada caleg yang melakukan money politik.
Bukan itu maskudnya. Saya sangat meyakini anda lebih hebat dalam hal penjabaran masalah ini. banyak cara yang bisa dilakukan. Membuat komitmen untuk melahirkan program pemberdayaan dan memudahkan masuk kerja, atau ngopi di warung sambil ngobrol santai bersama seseoranag atau beberapa orang, misalnya. Ini salah satu dari sisi materi.
Program yang dapat dijadikan komitmen oleh seorang caleg, meliputi :
- Program terkait kebutuhan bersama = Kelompo Budidaya Lele, Pembangunan Jalan lingkungan, dll
- Program terkait kebutuhan individu = Merekomendasikan masuk kerja, Bedah rumah, dll.
- Program dengan daya dari APBD = Sudah jelas
- Program dengan daya Pribadi Caleg = Mengoptimalkan perusahaan-perusahaan milik caleg, mengopimalkan mitra-mitra saat jadi aleg. Seorang aleg lebih mudah membangun kemitraan dengan pihak industri karena punya bergaining/power jabatan, baik ia sebagai pribadi maupun terkait jabatan. Misalnya, Mengoptimalkan CSR, Rekomendasi masuk kerja, dll.
Penulis : Sunaryo Saripudin S.Pd.*
*Penulis Buku "KADO RAHASIA BUAT CALEG-
Ramuan Sukses Tanpa Money Politik Merebut Kursi Legislatif "
Klik Sekarang : https://www.facebook.com/groups/kadorahasiabuatcaleg
Tidak ada komentar:
Posting Komentar